Minggu, 12 Februari 2012

Cara Menahan Lapar Saat Diet


Bagi banyak orang, diet merupakan sebuah momok menakutkan. Banyak orang yang menjalani diet merasa lemas, tidak bersemangat, dan lapar sepanjang hari, sehingga hal ini menurunkan konsentrasi dan produktivitas mereka. Tapi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat diet tidak terasa terlalu menyiksa. Bila Anda kesulitan untuk mengikuti program diet yang sedang dijalani karena terus-menerus tergoda oleh makanan yang ada di sekitar, cobalah untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini. Berikut adalah sepuluh tips menahan lapar saat sedang menjalani diet.
 
 

1. Sarapan seimbang

Setelah tidur semalaman, tubuh Anda perlu untuk mengisi kembali energinya supaya dapat beraktivitas dengan lancar. Karena itulah, sarapan dianggap sebagai makanan paling penting. Saat diet, ingatkan diri Anda untuk sarapan dengan porsi yang sehat dan seimbang. Mengurangi menu makan pagi tidak akan membuat Anda lebih cepat kurus. Justru, bila tidak makan di pagi hari, selain lemas, nantinya Anda pun akan menjadi lebih mudah lapar.
 
2. Makan teratur
Untuk menghindari kadar gula yang naik turun, makanlah secara teratur. Banyak ahli yang menyarankan agar kita makan tiga kali sehari dalam porsi secukupnya, dan diselingi dengan dua kali makan cemilan. Penting bagi Anda untuk makan teratur, karena bila menunda makan, gula darah dapat turun dan ini membuat Anda menjadi ingin makan yang manis-manis. Jangan lupa, setiap makan, konsumsi banyak buah dan sayur serta protein, untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
 
3. Makan cemilan sehat
Mengkonsumsi banyak cemilan tak sehat dapat merusak diet Anda. Karena itu, lupakan kue-kue manis atau keripik yang mengandung banyak garam. Pilihlah cemilan yang lebih sehat seperti buah segar, kacang-kacangan, ataupun smoothie. Selain tinggi kadar vitamin, mineral, dan serat, makanan-makanan ini juga mengandung lemak sehat yang baik bagi tubuh. Tapi, tentunya, jangan makan cemilan dengan porsi yang berlebihan.
 
4. Konsumsi protein dan lemak sehat
Protein dan lemak sehat dapat membantu kadar gula Anda tetap stabil. Selain itu, keduanya juga membantu Anda untuk kenyang lebih lama. Saat dikonsumsi bersama karbohidrat, protein juga membuat tubuh Anda mengurangi keinginannya untuk makan lebih banyak. Jadi, saat Anda akan makan menu dengan banyak karbohidrat, cobalah gabungkan dengan protein supaya lebih cepat kenyang.
 
5. Minum vitamin dan suplemen
Kadang kala, keinginan untuk makan sesuatu bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu. Saat diet, banyak yang tidak terlalu memperhatikan kadar gizi dari makanan yang dikonsumsi, sehingga kurang vitamin atau mineral sering terjadi. Contohnya, bila tubuh kekurangan zat besi, Anda tiba-tiba jadi ingin banyak makan daging. Untuk menghindari hal ini, pastikan selama diet Anda tetap mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang cukup, baik itu melalui makanan yang dikonsumsi, atau dengan minum suplemen.
 
6. Detoksifikasi
Pernah mencoba detoks? Karena pengaruh gaya hidup dan tempat tinggal, tubuh kita dapat menjadi tempat menumpuknya banyak racun yang membahayakan kesehatan. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan tubuh ingin untuk makan banyak makanan manis. Bila Anda tertarik untuk mencoba detoks, banyak pilihan yang dapat Anda ambil. Pilihlah program yang sesuai dengan kebutuhan, karena detoks dapat dilakukan dengan cara berbeda pada tiap orang. Setelah melakukan detoks, banyak yang merasa bahwa keinginan mereka untuk mengkonsumi makan tak sehat berkurang. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba.
 
7. Tambahkan bumbu
Tingkat kepuasan Anda akan makanan yang dikonsumsi tergantung dari kenikmatan rasanya. Makanan yang berisi banyak gula dan garam memang terasa lebih enak, karena itu lidah Anda cenderung untuk memilih makanan tak sehat ini. Tapi, rasa yang enak tidak hanya diperoleh dari gula dan garam saja. Coba tambahkan banyak rempah dalam makanan untuk memperkaya rasa. Bila sedang diet, tidak berarti Anda tidak boleh makan enak kan?
 
8. Minum air
Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, karena itu kita mudah haus. Terkadang, saat haus, tubuh merespon hal ini dengan membuat Anda seakan sedang lapar, meski sebenarnya yang dibutuhkan hanya cairan. Karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup untuk menghindari rasa lapar. Selain itu, saat kehausan, metabolisme tubuh akan melambat sehingga Anda justru membakar lebih sedikit lemak daripada biasanya.
 
9. Banyak bergerak
Orang yang sedang diet banyak yang merasa mudah lelah. Karena itu, banyak bergerak dan olahraga jelas tidak menjadi aktivitas yang disukai. Tapi, olahraga ternyata berguna untuk mengurangi keinginan untuk makan. Selain memiliki efek positif bagi tubuh dan pikiran, olahraga juga membuat tingkat energi Anda meningkat, sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi banyak gula hanya untuk merasa segar. Anda pun tidak butuh olahraga habis-habisan untuk merasa lebih sehat. Hanya dengan berjalan atau melakukan gerakan yoga sederhana pun cukup.
 
10. Ketahui alasan Anda ingin makan
Anda tidak selalu makan karena Anda lapar. Sering kali, orang-orang makan karena mereka mencoba untuk mengatasi stres. Apabila ini terjadi pada Anda, berarti Anda tergolong emotional eater. Hentikan kebiasaan buruk ini, dan cari cara lain untuk mengatasi masalah Anda. Saat sedang tertekan, alihkan perhatian Anda pada hal-hal lain yang dapat membuat Anda tenang dan tidak memikirkan soal makanan. Diet memang banyak membuat orang stres. Jadi, daripada menggagalkan diet Anda dengan makan untuk membuat hati tentram, cobalah berekreasi atau melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran.



sumber : http://peneroka.com/news/movie-film/cara-menahan-lapar-saat-diet/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar