Minggu, 29 Juli 2012

Sejarah Lengkap Komputer (Bag II)

Setelah Posting Tentang Sejarah Lengkap Komputer (Bag I), kini saatnya menjabarkan tentang Sejarah Lengkap Komputer (Bag II). Selamat membaca!!

Hanya beberapa tahun setelah Pascal, Gottfried Wilhelm Leibniz Jerman (Asisten dalam penemuan kalkulus Newton) berhasil membangun empat  fungsi (penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) kalkulator yang ia sebut Stepped Reckoner (penghitung langkah) karena, konsep mesin bukan menggunakan gear atau gerigi namun menggunakan selang tabung yang memiliki sepuluh selang seruling yang diatur di sekitar lingkarannya dengan menggunakan sistem langkah-tangga. Leibniz merupakan orang pertama dalam penggunaan sistem bilangan biner yang merupakan dasar dari operasi komputer modern. Leibniz dianggap sebagai salah satu filsuf dan penemu besar dunia, namun pada saat meninggal dia berada dalam keadaan sebatangkara, miskin dan menyedihkan.
 Stepped Reckoner
Sketsa Stepped Reckoner karya Leibniz

Pada tahun 1801 pria asal Prancis, Joseph Marie Jacquard menemukan sebuah mesin tenun yang dapat menggambar pola tenun secara otomatis didasarkan pada desain kayu dan pola benang pada kain tenunan. Alat yang ditambahkan pada Mesin tenunnya ia sebut sebagai Punched card yang berupa balot pada kayu tipis yang digunakan sebagai dasar sistem penggambaran pola design pada komputer modern. 
punched card

punched card

Teknologi ini membuat Industri Tenun menjadi semakin berkembang, namun karena kemudahan yang ditawarkan ini, para pemilik modal lebih memilih alat ini daripada mempekerjakan buruh tenun konvensional. Hal ini memicu kemarahan para buruh tenun dan menghancurkan alat ini juga mencoba untuk menyerang jacquard, penemu alat ini.

gambar punched card


Charless Babbage
Pada 1822 ahli matematika Inggris Charles Babbage mengajukan proposal pembuatan mesin kalkulasi  tabel ruangan bertenaga uap , yang disebutnya sebagai Difference Engine. Mesin ini akan mampu menghitung tabel angka, seperti tabel logaritma. Mengingat pentingnya mesin ini bagi navigasi kelautan, maka pemerintah inggris memutuskan untuk menyetujui proposalnya. Dengan adanya dana pemerintah yang menyetujui proposalnya mulailah Charles Babbage membuat alat ini. Dengan adanya alat ini diharapkan Angkatan militer kelautan inggris akan menjadi yang terhebat di dunia. Namun, pada proses penyempurnaan alat ini banyak sekali hambatan yang ditemui sehingga penyempurnaan alat ini sangat sulit untuk direalisasikan. 

Setelah lebih dari 10 tahun dan menghabiskan dana yang sangat besar akhirnya penyempurnaan Difference Engine berhasil dan diberi nama Analytic Engine. Alat ini menggunakan sistem pola Punched Card yang pernah digunakan pada mesin tenun otomatis ciptaan Jacquard. Babbage menemukan bahwa pola lubang dalam Punched Card dapat digunakan untuk mempresentasikan ide abstraknya yaitu solusi masalah yang terkait dengan data mentah pada permasalan itu sendiri. sistem pada punched card adalah jika ada benang yang tidak sesuai dengan yang diharapkanmelewati lubang pada puched card, maka benang itu akan berhenti dan proses tidak akan dilanjutkan. Hal inilah yang menarik minat Baabbage untuk mengembangkan mesinnya secara lebih lanjut dengan pendeskripsian benang sebagai sebuah materi atau data mentah. 
gambar analitic engine

Selanjutnya, Babbage menyadari bahwa punched card dapat digunakan sebagai mekanisme penyimpanan, memegang nomor angka yang dihitung untuk referensi di masa mendatang. Karena adanya inspirasi dari alat tenun otomatis Jacquard, Babbage menyebut dua bagian utama Mesin Analitik nya sebagai "Store" dan "Mill", karena kedua istilah inilah yang digunakan dalam industri tenun. Toko (Store) adalah tempat nomor diadakan dan Mill (Gudang) adalah tempat mengolah hasil "tenunan" ke hasil yang lebih baru. Dalam sebuah komputer modern bagian-bagian ini disebut unit memori dan unit pengolahan pusat (CPU).

Analytic Engine juga memiliki fungsi kunci yang membedakan komputer dari kalkulator yaitu : Conditional Statement (pernyataan kondisional). Sebuah pernyataan kondisional memungkinkan sebuah program untuk mencapai hasil yang berbeda setiap kali dijalankan. Berdasarkan pernyataan kondisional, jalur pemrograman (yaitu, apa pernyataan apa yang dijalankan berikutnya) dapat ditentukan berdasarkan kondisi atau situasi yang terdeteksi pada saat program ini berjalan.

Secara sederhana mungkin pemrograman dapat diibaratkan seperti ini : Anda mungkin mengamati bahwa lampu lalu lintas modern di sebuah persimpangan antara jalan yang ramai dan jalan yang kurang sibuk akan meninggalkan lampu hijau di jalan sibuk sampai mobil mendekati di jalan kurang sibuk. Jenis lampu jalan dikendalikan oleh program komputer yang dapat merasakan pendekatan mobil di jalan kurang sibuk. Saat ketika perubahan cahaya dari hijau ke merah tidak tetap dalam program tetapi lebih bervariasi dengan setiap situasi lalu lintas. Pernyataan kondisional dalam program lampu lalu lintas akan menjadi sesuatu seperti, "jika mobil mendekati di jalan kurang sibuk dan jalan lebih sibuk telah menikmati lampu hijau untuk setidaknya satu menit kemudian memindahkan lampu hijau untuk jalan kurang sibuk".

Pernyataan kondisional juga memungkinkan program untuk bereaksi terhadap hasil perhitungan sendiri. Sebuah contoh program yang menggunakan IRS untuk mendeteksi penggelapan pajak. Program ini pertama menghitung kewajiban pajak seseorang dan kemudian memutuskan apakah akan mengingatkan polisi berdasarkan bagaimana pembayaran pajak orang itu dibandingkan dengan kewajibannya.

gambar ada byron
Ada Byron
Babbage kemudian berteman dengan Ada Byron, anak perempuan dari Dewa penyair terkenal Byron. Meskipun dia baru berumur 19, dia terpesona dengan ide-ide Babbage dan dengan belajar Babbage dia cukup belajar tentang desain dari Analytic Engine untuk mulai Penciptaan program untuk mesin . Karena Babbage menolak untuk mempublikasikan pengetahuannya selama 30 tahun, Ada menulis serangkaian "Catatan" dimana dia membuat urutan rinci instruksi pada Analytic Engine. Hal ini membuat Ada Byron menjadi Programmer Komputer pertama di dunia. Ada kemudian menciptakan subrutin yaitu program komputer pertama untuk mengenali pentingnya looping. 

Babbage sendiri melanjutkan penelitian untuk menciptakan sistem pos modern, cowcatchers tentang kereta api, dan optalmoskop, yang masih digunakan saat ini untuk mengobati mata.




Terobosan berikutnya terjadi di Amerika. Konstitusi AS menyatakan bahwa sensus harus diambil dari semua warga AS setiap 10 tahun untuk menentukan representasi dari negara bagian di Kongres. Sementara sensus pertama tahun 1790 hanya diperlukan 9 bulan, dengan 1.880 penduduk AS telah tumbuh begitu banyak bahwa jumlah untuk sensus 1880 mengambil 7,5 tahun. Otomasi jelas diperlukan untuk sensus berikutnya. Biro sensus menawarkan hadiah untuk seorang penemu untuk membantu sensus 1890 dan hadiah ini dimenangkan oleh Herman Hollerith, yang berhasil mengadopsi sistem punched card Jacquard untuk tujuan perhitungan.


Penemuan Hollerith, yang dikenal sebagai Meja Hollerith (Hollerith Table), yang terdiri dari kartu analisis berlubang (sistem punched card), mekanisme roda gigi bergerak yang bisa menghitung (menggunakan mekanisme Pascal yang masih digunakan pada odometers mobil modern), dan dinding besar indikator dial (speedometer pada mobil) untuk menampilkan hasil penghitungan.

gambar Hollerith Table

Pola pada punched Card Jacquard ditentukan saat kain tenun dirancang dan kemudian dihasilkan tanpa dirubah polanya. Hari ini, kita akan menyebutnya bentuk read-only dari penyimpanan informasi. Hollerith memiliki wawasan untuk mengkonversi punched card dengan apa yang hari ini disebut membaca / menulis teknologi. Saat naik kereta, ia mengamati bahwa konduktor tidak hanya karcis masing-masing, melainkan menekan pola tertentu dari lubang yang posisinya menunjukkan perkiraan tinggi, berat, warna mata, dll dari pemilik tiket. Hal ini dilakukan untuk menjaga orang lain dari mengambil tiket dibuang dan mengklaim itu adalah miliknya sendiri (tiket kereta tidak kehilangan semua nilai ketika dipukul karena tiket yang sama digunakan untuk setiap perjalanan). Hollerith menyadari betapa pentingnya hal ini (menulis) kartu baru berdasarkan analisis (membaca) dari beberapa set kartu yang lain. Analisis rumit ini, Tanpa diketahui Hollerith, telah ditemukan Babbage jauh sebelumnya.
gambar Hollerith Table

Teknik Hollerith berhasil dan sensus 1890 selesai hanya dalam 3 tahun. Dan Istilah Sensor dalam komputerpun mulai dikenal/diterapkan. Hollerith kemudian mendirikan perusahaan, Tabulating Machine Company. Setelah beberapa buy out, akhirnya menjadi International Business Machines, yang dikenal hari ini sebagai IBM. IBM tumbuh pesat dan kartu punched ada dimana-mana. Tagihan gas penduduk akan tiba setiap bulan dengan punched card yang mengkalkulasikan data pembayaran penduduk termasuk Nama, alamat, penggunaan gas, dll. Sebagai contoh penggunaan punched card yang lain pada waktu itu yaitu, ketika pengemudi memasuki jalan tol (jalan raya yang mengumpulkan biaya dari setiap pengemudi kendaraan), Mereka diberi punched card yang mencatat tempat pengemudi masuk tol dan kemudian ketika pengemudi keluar dari jalan tol, biaya dihitung berdasarkan jarak mengemudi. Dan banyak lagi yang lain.
gambar contoh punched cards


Sekian posting tentang Sejarah Lengkap Komputer (Bag II)  Semoga Bermanfaat...!!. Baca juga  Sejarah Lengkap Komputer (Bag III)

(Berbagai Sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar