Kamis, 08 November 2012

5 Besar Jalan Unik Dunia

Bagi anda yang suka travelling tentu sudah tak asing lagi dengan keanekaragaman jalan yang pernah anda lalui, ada yang mulus hingga buat kita jatuh kalo ndak hati-hati (saking mulusnya jalan tersebut), ada jalan yang buat kita sebel karena tiap 1 meter ada polisi tidurnya (susah dibangunin pula!), dan juga ada jalan yang belum bisa disebut jalan karena bentuknya lebih mirip sperti danau (penuh dengan genangan air kalo ujan). Nah, diluar negeri juga ada lo jalan2 unik macam ini. Coba deh simak 5 Besar Jalan Unik Dunia kalo ndak percaya :

5. Baldwin Street, jalan tercuram di dunia

5 Besar Jalan Unik Dunia

Baldwin Street terletak di pinggiran kota Dunedin bagian selatan di Selandia Baru, tercatat sebagai jalan tertajam di dunia. Jalan ini terletak di pinggiran Utara East Valley, 3,5 kilometer (2,2 mil) timur laut dari pusat kota Dunedin. Sebuah jalan lurus dengan panjang 350 meter (1.150 kaki), Baldwin Street, terbentang dari lembah Creek Lindsay ke sisi Signal Hill menuju Opoho, dengan tinggi terendah 30 m (98 kaki) di atas permukaan laut di persimpangan Road North sampai mencapai angka ketinggian 100 m (330 kaki) di atas permukaan laut menciptakan sebuah kemiringan rata-rata sedikit lebih dari 1:5.

4. 9 de Julio Avenue, jalan terlebar di dunia

5 Besar Jalan Unik Dunia

Buenos Aires, Argentina, mempunyai jalan terluas di dunia. Lebarnya lebih dari 300 kaki (kurang lebih 95 meter), 9 de Julio Avenue ini menempati celah seluruh blok pada peta kota, karena lebarnya yang luar biasa. Menyeberangi jalan ini pada situasi apapun membutuhkan waktu beberapa menit, dikarenakan setiap persimpangan memiliki lampu lalu lintas. Dalam kecepatan berjalan normal, pejalan kaki akan melewati 2-3 lampu hijau untuk menyeberangi dua belas jalur lalu lintas.

3. Judge Harry Pregerson, jalan simpang susun terumit di dunia.

5 Besar Jalan Unik Dunia

Jalan simpang susun Judge Harry Pregerson terletak di Los Angeles, California dan merupakan simpang susun paling rumit di dunia. Simpang susun ini terdiri dari beberapa susun jembatan (susun atas) yang membuat jaringan jalanan ini makin rumit pada saat macet atau lengang. Tidak hanya jalan akses untuk kendaraan pribadi, simpang susun ini pun dilewati oleh beberapa transportasi publik yang memudahkan untuk warga mengakses kemudahan (terutama dalam soal kecepatan waktu tempuh) dari jalan ini. Diresmikan pada tahun 1993, dengan 4 tingkat simpang susun pertukaran dilengkapi jalur akses terbatas digunakan untuk kendaraan yang membutuhkan peristirahatan.

2. Spreuerhofstraße, jalan tersempit di dunia

5 Besar Jalan Unik Dunia

Spreuerhofstraße adalah jalan tersempit di dunia, dapat dijumpai di kota Reutlingen, Baden-Württemberg, Jerman. Jalan ini mempunyai lebar 31 cm pada bagian yang tersempit sampai 50 cm pada bagian terlebar.

Jalur ini dibangun pada tahun 1727 selama upaya rekonstruksi setelah daerah tersebut luluh lantak karena kebakaran besar kota. Pada tahun 1726 jalan ini resmi terdaftar di Kantor Pertanahan sebagai City Street Number 77.

1. Ebeneze Place, Jalan terpendek di dunia

5 Besar Jalan Unik Dunia

Ebenezer Place, di Wick, Caithness, Skotlandia, tercatat di Guinness Book of Records sebagai jalan terpendek di dunia. Dengan panjang 2,06 m jalan ini mengalahkan rekor sebelumnya pada tahun 2006 dimana dipegang oleh Elgin Street, Bacup, Lancashire dengan panjang jalan 5,2 meter. Jalan hanya memiliki satu alamat: pintu depan No 1 Bistro, yang merupakan bagian dari Hotel Mackays.

Jalan dibuat pada tahun 1883, ketika Ebenezer Place dibangun, pemilik bangunan menginstruksikan untuk membuat nama di sisi terpendek hotel. Secara resmi dinyatakan sebagai jalan pada tahun 1887. Tak mungkin tersesat bila mencari alamat atas nama jalan atau No.1 Bistro, anda pasti akan menemukannya seketika.

Trimakasih sudah membaca 5 Besar Jalan Unik Dunia Wassalam..!! ^^

(sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar