Senin, 07 Mei 2012

3 Cara Instan Mengurangi Rasa Nyeri




Rasa nyeri bisa bersumber dari banyak hal, mulai dari gangguan fisik hingga psikis. Apapun penyebabnya, pasti Anda menginginkan rasa nyeri tersebut segera hilang atau setidaknya berkurang. Tak perlu khawatir saat tak ada obat pereda nyeri, lakukan saja tiga trik ini.



Jacob Teitelbaum, MD, penulis buku "Real Cause, Real Cure" mengungkap bagaimana cara mengurangi rasa nyeri secara cepat. Tiga trik ini cukup mudah dilakukan dan bisa Anda jadikan "obat" pereda nyeri yang cukup efektif.

1. Pijatan

http://www.alpenhof.info/img/head/massagen.jpg

Menurut dr. Teitelbaum, nyeri otot adalah nyeri paling sering terjadi. Jika Anda merasa pegal dan nyeri di sekitar otot, coba tekan bagian otot yang lembut dan berikan pijatan  selama sekitar 45 detik.

"Tekan hingga  muncul warna putih di jari Anda dan tahan hingga 45 detik. Awalnya memang terasa sakit, tapi cara ini meningkatkan aliran energi untuk membuat otot lebih rileks dan mengurangi rasa nyeri," kata dr. Teitelbaum, seperti dikutip dari prevention.com.

Lalu, jika rasa sakit muncul di area tubuh yang sulit dijangkau, seperti punggung, bahu, atau leher, manfaatkan saja bola tenis. Berbaringlah di lantai, tempatkan bola di pusat rasa nyeri  dan gerakkan tubuh, rasakan tekanan bola pada punggung Anda. Lakukan selama sekitar satu hingga lima menit.

2. Dengarkan musik


Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi intensitas rasa nyeri pada orang-orang yang mengalami nyeri punggung kronis. Ini merupakan hasil penelitian ilmuwan Prancis.  Studi lain menemukan, hampir setengah dari pasien kanker yang mendengarkan musik selama 30 menit rasa sakitnya berkurang hingga 50 persen.

"Dengarkan musik favorit, fokuslah pada irama lagu yang menyenangkan dan jangan pada rasa nyeri. Ini akan membantu Anda tak terlalu merasakannya," kata Dr Teitelbaum.

3. Minyak atau gel

http://www.massagemag.com/cms/images/stories/2010/03/030210schlossbergcream.jpg

Beberapa gel hangat, balsam atau minyak hangat diketahui bisa membantu meningkatkan aliran darah di area tubuh yang sakit. Kandungan menthol dan camphor juga bisa membantu menghambat sensor pada nyeri, sehingga membuat Anda tak terlalu merasakannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar