Selasa, 22 Mei 2012

Keren! Gua Ini Diisi Ribuan Cacing Glow in the Dark



Bagian dalam Glowworm Cave (waitomoresort.com)

Bagian dalam Glowworm Cave


Gua-gua yang ada di wilayah Waitomo, Selandia Baru, menjadi destinasi populer bagi para turis. Ada ribuan cacing glow in the dark yang hinggap di langit-langitnya, membuat para pengunjung serasa di luar angkasa!


Nama Waitomo mungkin belum akrab di telinga Anda. Namun bagi para traveler sejati, wilayah yang terletak di pulau sebelah utara Selandia Baru ini adalah salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi. Hal ini tak lain karena beberapa gua yang terdapat di wilayah ini, punya keunikan tersendiri.

Jika di tempat lain wisata gua berarti menyusuri lubang alam dalam kegelapan, Glowworm Cave punya sumber cahaya yang memikat hati setiap pengunjung. Sesuai namanya, gua ini menjadi habitat cacing glow in the dark, atau Arachnocampa luminosa dalam bahasa latin.

Di seluruh dunia, Glowworm Cave adalah habitat terbesar cacing jenis ini. Jumlahnya mencapai ribuan, mengisi langit-langit gua dan meneranginya dengan cahaya biru kehijauan. Kondisi gua yang gelap gulita ditambah cahaya temaram dari ribuan cacing ini, membuat para pengunjungnya serasa melihat ribuan bintang di angkasa!

Karena Glowworm Cave merupakan gua berair, tersedia tur menggunakan perahu karet yang bisa Anda ikuti. Pemandu wisata juga akan mendampingi Anda untuk menjelaskan tentang spesies cacing satu ini, sekaligus sisi historis dan geografis dari gua itu sendiri.

Setelah menikmati keindahan Glowworm Cave, Anda bisa melihat Arachnocampa luminosa secara lebih dekat di Ruakuri Cave. Di sini, Anda bisa melihat serta memegang tubuh cacing yang menggantung vertikal di langit-langit gua. Sebelum masuk ke dalam gua, Anda akan melewati tangga spiral yang impresif.

Gua-gua cacing glow in the dark yang ada di Waitomo ini adalah satu-satunya di dunia. Maka jika berencana liburan ke Selandia Baru, segera masukkan Waitomo ke dalam daftar destinasi Anda!


Melihat cacing glow in the dark dari dekat (wayfaring.info)


Cacing glow in the dark (atlasobscura.com)
Cacing glow in the dark


Tangga spiral yang impresif di Ruakuri Cave (jasons.co.nz)
Tangga spiral yang impresif di Ruakuri Cave


Serasa di luar angkasa! (denting.co.cc)
Serasa di luar angkasa! 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar