Jumat, 01 Juni 2012

Ini Dia Tips Mengerem untuk Sepeda Fixie



Sepeda fixie atau bergigi tetap (fixed gear) merupakan sepeda dengan satu kecepatan yang biasa digunakan pembalap trek di Velodrome. Untuk amannya, ini dia tipsnya.



Sepeda fixie populer karena desain ramping, cepat dan bebas perawatan. Mengendarai fixie, khususnya saat menghentikan laju sepeda, butuh latihan tertentu karena rem sepeda ini berbedadari sepeda biasanya.

Pertama, kendarai sepeda di area aman,termasuk tempat parkir berpermukaan halus atau jalanan aspal terbuka yang tak banyak kendaraan lalu lalangdan gunakan helm.

Kedua, pastikan miliki pedal sepeda bertali atau pedal clipless. Hal ini dikarenakan mengendarai fixie membuat kaki gampang lepas dari pedal.

Ketiga, mulai mengendarai sepeda dengan kecepatan rendah dan letakkan kaki di tali pedal atau pedal clipless.

Keempat, tentukan kecepatan dengan baik saat melintasi jalur.Bila siap berhenti, geser berat badan ke depan serta dorong pedal ke arah berlawanan dengan kedua kaki. Hati-hati agar tak kehilangan keseimbangan.

Terakhir, lakukan maneuver berulang kali untuk melatih sensor motorik saat bersepeda. Saat berlatih, secara bertahap coba pindahkan berat badan ke belakang saat Anda tergelincir. Semakin jauh Anda bersandar maka makin cepat sepeda berhenti.




Video



sumber : http://gowes.inilah.com/read/detail/1838877/ini-dia-tips-mengerem-di-fixie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar