Minggu, 14 Oktober 2012

5 Besar Gua Paling Indah di Dunia

Gua adalah sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa dia harus cukup besar sehingga beberapa bagian di dalamnya tidak menerima cahaya matahari; namun dalam penggunaan umumnya pengertiannya cukup luas, termasuk perlindungan batu, gua laut.

Kata "gua" berasal dari bahasa Sanskerta guha


Nah, dari sekian banyak gua yang ada di dunia ada beberapa yang memiliki keindahan yang lebih dari yang lainnya. Dari gua-gua indah tersebut terdapat 5 Besar Gua Terindah di Dunia. Mau tahu?, Simak aja disini :

5. Cave of Crystals (Mexico)

5 Besar Gua Terindah di Dunia

Ditemukan jauh di dalam sebuah tambang di selatan Chihuahua Mexico, kristal-kristal ini terbentuk di sebuah gua yang seluruhnya tertutup karang batu. Sebuah geodesi penuh dengan kristal yang mengagumkan setinggi pohon cemara, dan pada beberapa tempat sekelilingnya kristal tersebut ada yang berwarna sebening emas dan perak dengan berbagai rupa dan bentuk yang luar biasa.

4. Majlis al Jinn Cave (Oman)

5 Besar Gua Terindah di Dunia

Majlis al Jinn merupakan gua terluas kedua di dunia. Terletak di dataran tinggi Selma pada ketinggian 1600 meter dari Kesultanan Oman. Gua ini ditemukan pada tahun 1983 oleh Don Davidson, seorang geologis yang datang ke Oman. Davidson dikabarkan meninggal 10 tahun kemudian saat melakukan pendakian di Pegunungan Andes. Untuk memasuki gua ini kita harus menggunakan tali. Gua ini mempunyai kedalaman 120 hingga 150 meter.

3. Waitomo Glowworm Cave (New Zealand)

5 Besar Gua Terindah di Dunia

Gua Waitomo Glowworm terletak di sebelah utara pulau New Zealand dan terkenal dengan populasi glowworm (ulat kelap-kelip) , Arachnocampa luminosa. Ulat-ulat ini mampu menghasilkan salah satu komoditi dagang Selandia Baru yaitu sutra. Lihatlah betapa indahnya gua yang gelap ini dihiasi penerangan oleh ulat-ulat tersebut.

2. Eisriesenwelt Ice Caves (Austria)

5 Besar Gua Terindah di Dunia

Di dunia ini terdapat banyak sekali gua es tetapi Eisriesenwelt Ice Cave di Austria mungkin adalah yang terbesar. Terletak di Pegunungan Tennengebirge dekat Salzburg dan membentang sepanjang 40 kilometer. Di dalamnya terdapat langit-langit yang sangat mempesona dan dijuluki Mother Nature’s handicraft.

1. Cave of the Ghost (Venezuela)

5 Besar Gua Terindah di Dunia

“Cueva del Fantasma”, nama Spanyol dari “Gua Hantu” ini yang memang sangat luas sehingga 2 helikopter pun mampu memasuki gua ini dan mendarat di samping air terjunnya. Air terjun ini tertampung dalam sebuah kolam di dalam gua. Saat ditemukan, beberapa peneliti juga mendapati beberapa jenis katak langka dalam gua berspecies Colostethus.

Trimakasih sudah membaca 5 Besar Gua Terindah di Dunia  Wassalam..!! ^^ 


 (berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar