Rabu, 31 Oktober 2012

Penyebab Kerontokan Rambut Dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi rambut rontok tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu penanganan yang lebih untuk bisa mendapatkan rambut kita seperti dulu lagi. Kerontokan rambut tidak hanya milik wanita. Pria juga bisa mengalami kerontokan rambut, mulai dari yang ringan hingga kronis. Ada baiknya sebelum kita mencoba untuk mengatasi kerontokan rambut, terlebih dahulu kita ketahui faktor penyebab kerontokan rambut.
Penyebab kerontokan rambut dapat dikategorikan menjadi dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal atau dari luar seperti polusi udara dan paparan sinar matahari tidak dapat kita cegah. Faktor internal atau dari dalam, dapat kita cegah namun belum bisa kita kendalikan kadarnya, contohnya stres, diet yang salah, ketombe, dan faktor  perubahan hormon pasca melahirkan. Cara mengatasi rambut rontok ini dikutip dari okezone.

Perlu kita ketahui secara umum, siklus rambut normal sebenarnya terdiri dari tiga fase, di antaranya fase pertumbuhan (anagen), fase istirahat (cantagen), dan fase rontok (telogen). Jika diteliti lebih lanjut, sebenarnya rambut rontok merupakan fase alami yang terjadi pada semua orang. Kita tak perlu cemas karena dalam keadaan siklus normal, rambut akan kembali tumbuh sekira 1-1,5 cm/bulan untuk ras Asia.

Tapi jika kerontokan yang kita alami melebihi 100 helai per hari, maka kita perlu mewaspadainya. Apalagi di area kerontokan rambut tersebut tidak lagi mengalami pertumbuhan rambut. Biasanya disebabkan pengerasan kolagen pada pangkal rambut, di bawah kulit kepala kita.  Akibatnya, pengerasan kolagen  akan menutup pangkal rambut, menyulitkan penyerapan nutrisi, menyebabkan penyatuan antara pangkal rambut dan kulit kepala menjadi lemah, dan serat kapiler menjadi lebih tipis. Bila tidak dirawat, rambut akan rontok lebih cepat, sehingga menimbulkan penipisan dan ini merupakan tanda pertama kita akan mengalami kebotakan.

Cara mengatasi kerontokan rambut ada 2 cara dilihat dari kadar tingkat kaparahan kerontokan rambut.

Cukup dengan menjaga pola makan agar rambut memperoleh asupan gizi yang baik. Selain itu, kita perlu merawat rambut dan menggunakan hair tonic secara rutin sehabis mencuci rambut.

Ada beberapa tahap untuk mengatasi rambut rontok yang tergolong parah : 
  • Diagnosa. Tahap awal adalah dengan mendiagnosa rambut, dengan cara ini akan terlihat jelas permasalahan-permasalahan rambut mulai dari rambut kering, berminyak, berketombe, atau  rusak karena pewarnaan. Baru setelah itu diberikan sampo yang disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala.
  • Nutritif Masque. Setelah rambut dibersihkan, rambut diberi masker nutritif. Masker ini terdiri dari dua macam. Yaitu masker ginseng untuk rambut rontok dan masker bunga matahari untuk rambut kering atau rusak dan rapuh akibat proses kimiawi seperti pewarnaan, rebonding dan pengeritingan. Masker diberikan secara merata mulai dari ujung bawah hingga ujung atas rambut. Pemberian masker dimulai dari ujung bawah rambut hingga atas rambut. Setelah itu, dilakukan massage pada kulit kepala. Untuk rambut rontok, massage yang dilakukan tidak terlalu banyak.
  • Back Massage. Oleskan massage oil yang dihangatkan di tungku dan mengandung aroma relaksasi pada punggung. Massage punggung selama kurang lebih 15 menit untuk meregangkan otot-otot yang letih, sambil menunggu proses penyerapan vitamin dari masker nitritif ke dalam batang rambut.
  • Terapi Ozon. Alat terapi ozon terdiri dari cape rambut yang ditempelkan selang panjang dan terhubung dengan tabung yang berisi oksigen. Tabung ini mengubah oksigen menjadi ozon dan disalurkan ke dalam cape rambut melalui selang. Tetapi ozon berfungsi mencegah efek buruk dari radikal bebas dan polusi udara serta mengembalikan elastisitas rambut. Terapi ini dilakukan selama kurang lebih 10 menit.
  • Bilas rambut. Setelah menggunakan masker nutritif dan terapi ozon, rambut dibilas dengan air dingin agar nutrisi dan vitamin yang ada di kulit kepala dan batang rambut dapat terserap.
  • Hair tonic. Setelah dibilas, rambut diberi hair tonic. Hair tonic itu mesti sesuai dengan jenis rambut. Hair tonic ginseng untuk rambut rontok, hair tonic tea tree oil untuk rambut berketombe, dan hair growth serum untuk rambut yang mengalami kerontokan sangat parah.
  • Hair Frequency Machine. Setelah hair tonic, gunakan mesin high frequency untuk memaksimalkan penyerapan pada kulit kepala, menghilangkan kuman di rambut, meningkatkan aktivitas kelenjar pada rambut, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan metabolisme pada kulit kepala. Alat ini seperti sisir kaca yang dialiri sinar infra merah.

Biar rambut terlihat indah dan sehat yang perlu diperhatikan adalah merawat rambut secara benar dan teratur seperti mencuci rambut secara benar menggunaan vitamin juga penggunaan hair tonic agar rambut tumbuh subur dan kuat akarnya. Tahapan diatas merupakan cara mengatasi rambut rontok secara modern, yang biasanya kita dapatkan disalon-salon kecantikan. Sedangkan cara perawatan rambut secara alami anda bisa dapatkan infonya di cara mengatasi rambut rontok secara alami. Semoga bermanfaat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar