Kamis, 04 Oktober 2012

Tips Jitu Merampingkan Pinggang

Denise Austin, penulis buku Sculpt Your Body with Balls and Bands, bercerita dirinya kerap sekali mendapat komplain dari wanita yang berusia 40 tahun ke atas. “Lingkar pinggang mereka melebar karena proses melahirkan dan perubahan hormon.”
Dan menurut Austin, cara tercepat untuk mengembalikan lingkar pinggang kita seperti ketika berusia 20-an adalah dengan memilih otot oblik. Ini adalah otot yang membentuk lingkar pinggang kita, letaknya tepat di samping perut.
Austin pun membuat rangkaian gerakannya untuk pembaca Prevention.  Lakukan gerakan di bawah ini sebanyak 2 (8-12 hitungan) set untuk setiap gerakan. Latihan bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu dan perhatikan perubahan yang menyenangkan ketika kita rutin melakukannya selama 1,5 bulan.
Twising Knee Lift

 A. Ambil posisi berdiri dan buka kedua kaki selebar pinggang kita. Angkat kedua tangan dan tekuk siku hingga terlihat seperti posisi petinju. Putar tubuh dengan bantuan otot-otot oblik atau pinggang, setelah itu arahkan kedua tangan ke samping kanan dan ke kiri. Pastikan saat melakukan gerakan ini, pinggul dan kedua kaki kita tetap menghadap ke depan. 
B. Saat memutar badan ke kanan, angkat lutut kanan (seperti gambar). Turunkan kaki kanan dan arahkan dari kiri-kanan-kiri dan kembali ke posisi semula. Setelah itu angkat kaki kiri dan ulangi gerakan yang sama. Lakukan sebanyak 12 repetisi untuk setiap kaki.
Side Crunch

Berbaring dengan menjadikan sisi tubuh bagian kiri sebagai tumpuan, lalu angkat tubuh bagian atas dan letakkan siku kiri tepat di bawah pundak. Ini akan membuat tubuh kita tetap stabil. Letakkan tangan kanan di belakang kepala dan tekuk kedua lutut sambil gulirkan ke belakang tubuh.Kontraksikan otot oblik bagian kanan (tepat di samping kanan dari torso kita) dan arahkan lutut ke siku kanan kita (seperti gambar). Tahan beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini sebanyak 12 repetisi.
 Twisting Rollback

Dengan posisi duduk di lantai, panjangkan kedua kaki dan tekuk lutut. Pastikan saat melakukan gerakan ini, kedua telapak kaki kita tetap lurus menyentuh lantai. Luruskan kedua tangan di depan dada. Turunkan punggung hingga sejajar dengan tulang ekor. Setelah itu, secara perlahan putar ke kiri sambil menarik tangan kiri ke samping dada (seperti gambar).Kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan untuk sisi kanan tubuh. Lakukan secara bergantian sebanyak 24 repetisi. Tips bakar lemak lebih cepat: Lengkapi latihan ini dengan kardio, 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar